13 Des 2009

Rahasia Dibalik Angka-Angka Dalam Al-Quran


Rahasia Dibalik Angka Angka Dalam Al-Quran - Kata-kata dalam Al-Qur’an, dengan sejumlah pengulangannya merupakan Mukjizat, jumlah kata-kata dalam Al-Qur’an yang menegaskan kata-kata yang lain ternyata jumlahnya sama dengan jumlah kata-kata Al-Qur’an yang menjadi lawan kata atau kebalikan dari kata-kata tersebut, atau diantara keduanya ada nisbah kontradiktif.

Al-Qur’an tidak hanya terbatas pada ayat-ayat mulianya, makna-maknanya, prinsip-prinsip dan dasar-dasar keadilannya serta pengetahuan-pengetahuan gaibnya saja, melainkan juga termasuk jumlah-jumlah yang ada dalam Al-Qur’an itu sendiri, begitu juga pengulangan kata dan hurufnya, orang-orang yang melakukan ‘ulum’ Al-Qur’an sejak dulu sudah menyadarai adanya fenomena tersebut mempunyai maksud dan tujuan tertentu.

Para peneliti terdahulu sudah mencatat, bahwa surat-surat yang dibuka dengan huruf-huruf ‘muqaththa’ah’ berjumlah 29 surat, sementara jumlah huruf ‘hijaiyah’ Arab ditambah dengan huruf “Hamzah” juga berjumlah 29 huruf hal ini dengan sudut pandang bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab.

DR. Abdul Razaq Naufal dalam bukunya berjudul ‘ Al’Ijaz Al’Adadiy Fi Al-Qur’an Al Karim” beliau menulis beberapa tema-tema tersebut terjadi keharmonisan diantara jumlah kata-kata Al-Qur’an dan berikut ini adalah sejumlah perhitungan yang benar-benar merupakan Mukjizat, dari jumlah kata dalam Al-Qur’an sebanyak 51.900, Jumlah Juz 30, Jumlah Surat 112, keanehan yang ada diantaranya sbb :

  • Kata ‘Iblis” ( La’nat ALLAH ‘alaihi ) dalam Al-Qur’an disebutkan sebanyak 11 kali, sementara “Isti’adzah” juga disebutkan 11 kali, Kata “ma’siyah” dan derivatnya disebutkan sebanyak 75 kali, sementara kata “Syukr” dan derivatnya juga disebutkan sebanyak 75 kali.
  • Kata “al-dunya” disebutkan sebanyak 115 kali, begitu juga kata “al-akhirah” sebanyak 115 kali.
  • Kata “Al-israf” disebutkan 23 kali, kata kebalikannya “al-sur’ah” sebanyak 23 kali.
  • Kata “Malaikat” disebutkan 88 kali, kata kebalikannya ‘Al-syayathin” juga 88 kali.
  • Kata “Al-sulthan disebutkan 37 kali, kata kebalikannya “Al-nifaq” juga 37 kali.
  • Kata “Al-harb”(panas) sebanyak 4 kali, kebalikannya “ Al-harb” juga 4 kali.
  • Kata “ Al-harb (perang) sebanyak 6 kali, kebalikannya “Al-husra” (tawanan) 6 kali.
  • Kata “Al-hayat” (hidup” sebanyak 145 kali, kebalikannya “Al-maut” (mati) 145 kali.
  • Kata “Qalu” (mereka mengatakan) sebanyak 332 kali, kebalikannya “Qul” ( katakanlah) sebanyak 332 kali.
  • Kata “Al-sayyiat” yang menjadi kebalikan kata “Al-shahihat” masing-masing 180 kali.
  • Kata “Al-rahbah” yang menjadi kebalikan kata “Al-ragbah” masing-masing 8 kali.
  • Kata “Al-naf’u” yang menjadi kebalikan kata “Al-fasad” masing-masing 50 kali.
  • Kata “Al-nas” yang menjadi kebalikan kata “Al-rusul” masing-masing 368 kali.
  • Kata “Al-asbath” yang menjadi kebalikan kata “Al-awariyun” masing-masing 5 kali
  • Kata “Al-jahr” yang menjadi kebalikan kata “Al-alaniyyah” masing-masing 16 kali
  • Kata “Al-jaza” 117 kali ( sama dg kebalikannya),
  • Kata “Al-magfiroh” 234 kali ( sama dengan kebalikannya),
  • Kata “Ad-dhalala” ( kesesatan) 191 kali ( sama dengan kebalikannya),
  • Kata “Al-ayat” 2 kali “Ad-dhalala” yaitu 282 kali. Dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu disini.
  • Kata “Yaum” (hari) dalam bentuk tunggal disebutkan sebanyak 365 kali, sebanyak jumlah hari pada tahun Syamsyiyyah.
  • Kata “Syahr” ( bulan) sebanyak 12 kali, sama dg jumlah Bulan dalam satu Tahun.
  • Kata “Yaum” (hari) dalam bentuk plural (jamak) sebanyak 30 kali, sama dengan jumlah hari dalam satu Bulan.
  • Kata “Sab’u” (minggu) disebutkan 7 kali, sama dengan jumlah hari dalam satu minggu.
  • Jumlah “ saah” (jam) yang didahului dengan ‘harf’ sebanyak 24 kali, sama dengan jumlah jam dalam satu hari.
  • Kata “Sujud” disebutkan 34 kali, sama dengan jumlah raka’at dalam solat 5 waktu
  • Kata “Shalawat” disebutkan 5 kali, sama dengan jumlah solat wajib sehari semalam.
  • Kata “Aqimu” yang diikuti kata “Shalat” sebanyak 17 kali, sama dengan jumlah Raka’at Sholat fardhu/ wajib.
Submit Artikel Ini Ke Lintas Berita




38 komentar: on "Rahasia Dibalik Angka-Angka Dalam Al-Quran"

Zhys Hatake mengatakan...

Subhanallah,, trnyata ini rahsia dibalik Al-Qur'an..
Thanks y infonya jak..

Dheny Gnasher mengatakan...

wah Subhanallah bgt sob. makasih udah sharing and visit me back ya. ^_^
maaf tadi salah komentar heheheh

Jaka Utama mengatakan...

gpp kok sob

tech mengatakan...

subhanallah,, isa merinding bacanya.. nnice sob

alexa'it mengatakan...

naruto kok posting ini se ktnya penggemar ... naruto kehbisan ide posting tentang naruto ya kasihan dah wkwkwkwk
tapi mantap dah postingnya wkwkwk

mascipul mengatakan...

subhanallah

Jaka Utama mengatakan...

@ texh > masa gtu aja mrinding
wakwkakawa

Jaka Utama mengatakan...

alexait > makanya baca judul blog ku

alexa'it mengatakan...

tes sob wkwkk

Jaka Utama mengatakan...

@ mascipul > kenapa mas ?

akhatam mengatakan...

Alquran is the fact.. Says from ALLOH.. I love Islam.. Islam Forever...

Tutorial Blog mengatakan...

keep posting sob...

Jaka Utama mengatakan...

thanks sob

--{---@***AguS***@---}-- mengatakan...

AL-QUR'AN IS THE BEST

Jaka Utama mengatakan...

right agus

Miftahuddin mengatakan...

wallahu'alam bishowab,,,

Jaka Utama mengatakan...

apa tuh artinya bishowab :D ??

Antoniuszs mengatakan...

ow ini rahasianya toh...

Uda Arif mengatakan...

subhanallah, bahkan angka2 dalam al-qur'an aja ada hikmahnya,

mungkin masih banyak hikmah dari alqur'an yg belum terungkap!

nice posting!

didikweta mengatakan...

eh..maaf tadi aku koment dimana ya?....artikel yang menarik..nanti aku resappi sob..tema agama yang perlu kita pelajari dan dalami..sukses terus...

mas doyok mengatakan...

makasih mas
saya jug p[unya buku spesial yg ngupas keajaaiban al Quran
sip deh mas

islam
Quran
Hadits

Jaka Utama mengatakan...

@ antony > emng dikira apa sob

Jaka Utama mengatakan...

@ uda > sepertinya bgitu sob

Jaka Utama mengatakan...

didik > kok jadi nyasar kmna2 sob

Jaka Utama mengatakan...

@ mas doi > sama 2 mas

leraning english mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat nich jaka,,
thx ya

Jaka Utama mengatakan...

wah sama2 ya sob

The MaNiaX mengatakan...

Buset... gan
loe ebat ya isa bedah alqur'an gene...

haha emang bener alqur'an pusat segala ilmu ya...

Jaka Utama mengatakan...

kalau mnurud islam sich bgitu sob

Blog Informasi mengatakan...

subhanallah ternyata al-quran menyompan berbagai makna mendalam yang belum kita banyak kita tahu yah..

BEBEN mengatakan...

subhanallah...allahu akbar....jd ngeri nih banyak dosa...hiks

Jaka Utama mengatakan...

blog informasi > betul itu sob, dan masih banyak yg blum kita ketahui

Jaka Utama mengatakan...

@ beben > segera tobat mas beben
aku aja blum tobat neh :D

IT.Blog.com mengatakan...

SUBHANALLAH MAS JAKA "" HEBAT DEH "

Anonim mengatakan...

kok jumlah suratnya 112?? bukannya 114? salah ya?

Kumpulan Puisi Patah Hati mengatakan...

mantap artikelnya...

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags