30 Des 2009

Misteri Dibalik Kematian Gusdur


Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur wafat. Saat ini jenazah Gus Dur masih berada di RSCM.

"Innnalilahi wa inna Ilaihi rojiun telah meninggal dunia Kyai Haji Abdurrahman Wahid di RSCM. Al Fatihah," kata Bambang Susanto dalam statusnya di Facebook, Rabu (30/12/2009). Bambang Susanto merupakan asisten pribadi Gus Dur.

Saat dikonfirmasi detikcom, Bambang memang membenarkan bahwa Gus Dur meninggal dunia. "Iya benar. Sudah dulu ya mbak," kata Bambang saat dikonfirmasi.

***Sesaat Sebelum Wafat Mantan Presiden Abdurrahman Sempat Kritis

Yusuf Misbach, anggota tim dokter RSCM yang merawat Gus Dur mengatakan, mantan Presiden RI tersebut meninggal hari Rabu 30 Desember pukul 18.45 WIB.
Dia menjelaskan, pada saat masuk pertama tangal 26 Desember kondisi kesehatan Gus Dur menurun, namun sempat membaik. "Akan tetapi sekira pukul 11.30 WIB, mendadak kesehatannya memburuk kembali," ujarnya di RSCM, Jakarta, Rabu (30/12/2009) malam.

Menurut Yusuf, kondisi kritis Gus Dur akibat komplikasi penyakit yang dideritanya. "Ini berkaitan dengan penyakit diabetes, ginjal, struk dan jantung," paparnya.

Dia menambahkan, sempat dilakukan tindakan medis secara intesif, namun keadaan kian memburuk. Sekira pukul 18.15 WIB, mengalami kondisi kritis sebelum akhirnya dinyatakan wafat sekira pukul 18.45 WIB.

Kondisi kesehatan Gus Dur drop ketika tengah berziarah ke makam Ibu Nyai Fatah di Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang. Sebelum ke Jombang, Gus Dur terlebih dulu menyempatkan diri bersilaturrahmi ke kediaman KH Mustofa Bisri di Rembang, Jawa Tengah.

Kamis 24 Desember lalu, Gus Dur sempat dilarikan ke RS Swadana Jombang namun kemudian dibawa ke RSCM, Jumat 25 Desember 2009 Gus Dur dirawat lantaran kadar gula darahnya turun. Selain itu di RSCM, Gus Dur juga menjalani operasi pencabutan gigi.

dikutip dari berbagi sumber


2 komentar: on "Misteri Dibalik Kematian Gusdur"

BEBEN mengatakan...

Semoga damai di sisi-NYA... :)

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags