27 Des 2009

Letusan Gunung Mayon, Filipina


Spoiler for pic:





Spoiler for sedikit beritanya:
Puluhan ribu orang telah meninggalkan rumah mereka setelah diperingatkan bahwa gunung berapi Mayon, Filipina akan segera meledak, demikian lapor kantor berita setempat pada Senin (21/12).

Lebih dari 9.000 keluarga - dari keseluruhan penduduk yang berjumlah 44.394 orang - saat ini tinggal di kamp-kamp pengungsian setelah pihak berwenang pada Minggu (20/12) memberikan status siaga atas gunung berapi paling aktif tersebut, demikian keterangan dari Joey Salceda Gubernur Provinsi Albay.
Tapi para pejabat mengatakan tidak semua orang mengindahkan peringatan mereka - sebagian penduduk desa yang dalam zona bahaya tetap memeriksa rumah dan pertanian mereka yang ada di kaki gunung itu

Pihak berwenang Filipina mengangkat status siaga Level 4 pada hari Minggu yang berarti "bahwa letusan eksplosif berbahaya adalah mungkin terjadi dalam beberapa hari," demikian pernyataan dari Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina.

Suara ledakan dan gemuruh pertama kali terdengar di sisi timur gunung pada Minggu sore dan 1942 gempa vulkanik terdeteksi oleh istitute jaringan seismic.

Salah satu letusan memuntahkan awan abu setinggi 500 meter ke udara. Orang-orang di Provinsi Albay berbondong-bondong ke pusat kota untuk menyaksikan kilatan Cahaya letusan lava yang menuruni gunung Mayon tersebut.

Filipina terletak di jalur yang disebut Ring of Fire, sebuah jalur busur patahan mengelilingi Basin Pasifik yang rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi. Gunung Mayon mengalami letusan paling kekerasan pada tahun 1814, menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menghancurkan beberapa kota. Letusan besar yang terakhir adalah pada tahun 1993. Sejak saat itu, gunung itu tetap aktif, mengeluarkan abu dan memuntahkan lahar.

sumber



Letusan Gunung Mayon di Filipina ini patut kita jadikan bahan renungan. Betapa kita hidup di bumi ini sangat tergantung dengan alam. Sehingga kalau kita congkak dan sombong ..dan terus mengeksploitasi alam hanya untuk memenuhi rasa ketamakan dan keserakahan segelintir orang saja ...maka tunggulah saatnya alam akan lebih murka. Semoga saja kita semua terhindar dari segala musibah dan bencana.

Selain asap dan debu, gunung api ini juga mengeluarkan lahar panas. Reuters/Erik de Castro. Aktivitas letusan gunung Mayon di Kota Legazpi, Provinsi Albay, Filipina, belum berhenti. Ribuan orang mengungsi dan terpaksa merayakan Natal di pengungsian.


0 komentar: on "Letusan Gunung Mayon, Filipina"

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags