31 Des 2009

Kepergian Sang Guru Bangsa


Quote:
KEPERGIAN SANG GURU BANGSA

Kyai Haji Abdurrahman Wahid, Gus Dur (lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 – meninggal di Jakarta, 30 Desember 2009 pada umur 69 tahun)


Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un
انّا للہ و انّا الیہ راجعون
الذين اذا اصابتهم مصيبة قالوا انا لله وانا اليه راجعون

קדיש


SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:...ahid_youth.jpg
Quote:
Kehidupan awal
Gus Dur semasa muda


Abdurrahman Wahid lahir pada hari ke-4 dan bulan ke-8 kalender Islam tahun 1940 di Denanyar Jombang, Jawa Timur dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah. Terdapat kepercayaan bahwa ia lahir tanggal 4 Agustus, namun kalender yang digunakan untuk menandai hari kelahirannya adalah kalender Islam yang berarti ia lahir pada 4 Sya'ban, sama dengan 7 September 1940.

Ia lahir dengan nama Abdurrahman Addakhil. "Addakhil" berarti "Sang Penakluk". Kata "Addakhil" tidak cukup dikenal dan diganti nama "Wahid", dan kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur. "Gus" adalah panggilan kehormatan khas pesantren kepada seorang anak kiai yang berati "abang" atau "mas".

Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara. Wahid lahir dalam keluarga yang sangat terhormat dalam komunitas Muslim Jawa Timur. Kakek dari ayahnya adalah K.H. Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), sementara kakek dari pihak ibu, K.H. Bisri Syansuri, adalah pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan[3]. Ayah Gus Dur, K.H. Wahid Hasyim, terlibat dalam Gerakan Nasionalis dan menjadi Menteri Agama tahun 1949. Ibunya, Ny. Hj. Sholehah, adalah putri pendiri Pondok Pesantren Denanyar Jombang.

Gus Dur secara terbuka pernah menyatakan bahwa ia memiliki darah Tionghoa. Abdurrahman Wahid mengaku bahwa ia adalah keturunan dari Tan Kim Han yang menikah dengan Tan A Lok, saudara kandung Raden Patah (Tan Eng Hwa), pendiri Kesultanan Demak.[4][5] Tan A Lok dan Tan Eng Hwa ini merupakan anak dari Putri Campa, puteri Tiongkok yang merupakan selir Raden Brawijaya V.[5] Tan Kim Han sendiri kemudian berdasarkan penelitian seorang peneliti Perancis, Louis-Charles Damais diidentifikasikan sebagai Syekh Abdul Qodir Al-Shini yang diketemukan makamnya di Trowulan.

Pada tahun 1944, Wahid pindah dari Jombang ke Jakarta, tempat ayahnya terpilih menjadi Ketua pertama Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi), sebuah organisasi yang berdiri dengan dukungan tentara Jepang yang saat itu menduduki Indonesia. Setelah deklarasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, Gus Dur kembali ke Jombang dan tetap berada disana selama perang kemerdekaan Indonesia melawan Belanda. Pada akhir perang tahun 1949, Wahid pindah ke Jakarta dan ayahnya ditunjuk sebagai Menteri Agama. Abdurrahman Wahid belajar di Jakarta, masuk ke SD KRIS sebelum pindah ke SD Matraman Perwari. Wahid juga diajarkan membaca buku non-Muslim, majalah, dan koran oleh ayahnya untuk memperluas pengetahuannya[6]. Gus Dur terus tinggal di Jakarta dengan keluarganya meskipun ayahnya sudah tidak menjadi menteri agama pada tahun 1952. Pada April 1953, ayah Wahid meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.

Pendidikan Wahid berlanjut dan pada tahun 1954, ia masuk ke Sekolah Menengah Pertama. Pada tahun itu, ia tidak naik kelas. Ibunya lalu mengirim Gus Dur ke Yogyakarta untuk meneruskan pendidikannya. Pada tahun 1957, setelah lulus dari SMP, Wahid pindah ke Magelang untuk memulai Pendidikan Muslim di Pesantren Tegalrejo. Ia mengembangkan reputasi sebagai murid berbakat, menyelesaikan pendidikan pesantren dalam waktu dua tahun (seharusnya empat tahun). Pada tahun 1959, Wahid pindah ke Pesantren Tambakberas di Jombang. Di sana, sementara melanjutkan pendidikannya sendiri, Abdurrahman Wahid juga menerima pekerjaan pertamanya sebagai guru dan nantinya sebagai kepala sekolah madrasah. Gus Dur juga dipekerjakan sebagai jurnalis majalah seperti Horizon dan Majalah Budaya Jaya.
Quote:

Kumpulan foto pemakaman Gusdur Gambar Gus Dur Abdurrahman Wahid
Inilah kumpulan foto-foto pemakaman Gusdur atau Abdurrahman Wahid dan gambar sosok Gus Dur semasa masih hidup untuk mengenang Guru Bangsa yang telah wafat hari rabu 30 Desember 2009.







Takbir yang dikumandangkan ratusan warga mengantar jenazah mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) keluar dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dan dibawa para keluarga menuju rumah persemayaman di Ciganjur, Rabu (30/12/2009) malam. Gus Dur wafat pada usia 69 tahun. Dia sebelumnya telah lama dirawat di RS untuk berjuang melawan penyakitnya.




Quote:
Gus Dur,keturunan nabi محمد رسول الله ? banyak orang yang tidak percaya bahwa Gus Dur yang terkenal kontroversial ini adalah keturunan nabi, namun dalam kenyataannya, silsilah gus dur menyambung ke rasullulah SAW محمد رسول الله .

Dapat dibuktikan dari sebuah Al-kitab Talchis karangan Abdulloh Bin Umar Assathiri. Sumber ini diklaim telah diteliti dan direstui Rois Aam Jam’iyah Ahlith Thoriqoh Al Muktabaroh An Nahdliyyah KH. Habib Lutfi Ali Yahya, Pekalongan.

Berikut petikan silsilah Gus Dur sampai ke Nabi Muhammad SAW:

1. Muhammad Salallahu Alaihi Wailaihi Wasalam, 2. Sayyidina Fatimatus Zahro dengan Sayyidina Ali, 3. Sayyidina Husen Bin Ali, 4. Sayyidina Ali Zaenal Abidin, 5. Sayyidina Muhammad Al-Baqir, 6. Sayyidina Ja’far Shodiq, 7. Sayyidina Ali AL-Uroidi, 8. Sayyidina Muhammad Annaqib, 9. Sayyidina Sayyidina Isa Arrumi, 10. Sayyidina Ahmad Al-Muhajir Ilallah.Urutan ke 11 Sayyidina Ubaidillah, 12. Sayyidina Alawi, 13. Sayyidina Muhammad, 14. Sayyidina Alawi Muhammad, 15. Sayyidina ALI Choli’ Qosan, 16. Sayyidina Muhammad Shohibu Mirbat, 17. Sayyidina Alawi, 18. Sayyidina Amir Abdul Malik, 19. Sayyidina Abdulloh Khon, 20. Sayyidina Ahmad Syah Jalal, 21. Sayyidina Jamaludin Khusen, 22. Sayyidina Ibrohim Asmuro, 23. Sayyidina Ishak, 24. Sayyidina Ainul Yaqin (Sunan Giri), 25. Sayyidina Abdurrohman (Jaka Tingkir), 26. Sayyidina Abdul Halim (P. Benawa), 27. Sayyidina Abdurrohman (P. Samhud Bagda), 28. Sayyidina Abdul Halim, 29. Sayyidina Abdul Wahid, 30. Sayyidina Abu Sarwan.
Urutan ke 31 Sayyidina KH. As’ari , 32. Sayyidina KH. Hasyim As’ari 33. Sayyidina KH. Abdul Wahid Hasyim, dan ke-34 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
Quote:

UMAT KRISTEN-KATHOLIK DAPAT MENYALAKAN LILIN UNTUK MENERANGI JIWA GUS DUR AGAR SAMPAI KERUMAH BAPA DI SURGA
Quote:
untuk yang muslim baca al-Fatihah الفاتحة buat eyang Gus Dur yah..
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ



BAGI YANG BERAGAMA HINDHU ATAU BUDDHA DAPAT MEMBAKAR HIO/ SETANGGI UNTUK MENGHORMATI JIWA UNIVERSAL GUS DUR


0 komentar: on "Kepergian Sang Guru Bangsa"

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags