13 Feb 2010

Khasiat-Khasiat Pada Ikan Tongkol


Khasiat-Khasiat Pada Ikan Tongkol

Kita semua tahu kalau ikan, terutama ikan di laut memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan baik dikonsumsi untuk menambah kecerdasan anak.



Bagi lidah Indonesia, ikan tongkol atau dalam bahasa latinnya adalah Thunnus maccoyii sangatlah cocok. Daging ikan tongkol sangat gurih, padat dan mudah diolah menjadi berbagai menu makanan sehingga ikan ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi menu makanan sehari-hari. Selain itu, ikan tongkol juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Karena itulah ikan tongkol sebagai menu makanan laut sangat disarankan karena rasanya sangat enak dan bergizi. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan laut, anda tidak usah khawatir karena anda bisa menangkalnya dengan minum air rebusan tanaman kumis kucing. Obat atau ramuan ini dapat menghambat gejala akibat alergi terhadap ikan tongkol.

Spoiler for Masakan Ikan Tongkol:


Gulai Ikan Tongkol




Goreng Ikan Tongkol




Tongkol Masak Santan




Di pasar ikan, tongkol biasanya dijual dalam keadaan sudah matang atau diasap. Namun jika yang anda cari adalah kandungan gizinya, akan lebih baik jika anda membeli tongkol segar untuk dimasak sendiri di rumah. Nilai gizi tongkol terletak pada cairan tertentu yang keluar saat diolah (bisa direbus, dikukus atau digoreng). Seandainya saja anda membeli tongkol asap, cairan yang terkandung dalam daging tongkol itu tentunya sudah menguap dan nilai gizinya berkurang banyak.




Selain lezat dan bergizi, tongkol juga memiliki khasiat yang cukup spesifik, yaitu merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan. Makannya, jika ingin awet muda, disarankan untuk mengkonsumsi daging ikan tongkol. Jika dikonsumsi secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu sebagai menu utama, penyakit semacam rheumatic dan anemia akan sulit mengganggu anda. Khasiat tongkol lainnya adalah untuk mengobati penyakit antara lain :

1.Rheumatic dan Linu Tulang
Spoiler for Rheumatic dan Linu Tulang:



Anda dapat memperoleh khasiat ikan tongkol yang ini dengan menjadikannya sebagai menu utama sehari-hari. Anda bisa merebus atau menggorangnya, tergantung selera. Karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kita mengolah ikan tongkol segar. Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.



2.Anemia atau Lesu Darah
Spoiler for Anemia atau Lesu Darah:



Tanda-tanda anemia adalah cepat capek, pegal-pegal dipersendian , pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata. Jika anemia menyerang, segera, segera atasi. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus.

Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.



3.Mencegah Ejakulasi Dini
Spoiler for Mencegah Ejakulasi Dini:



Jika kehidupan pasutri anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Di sini apotek laut akan membantu anda dalam menghindarkan ejakulasi dini dan bisa tahan lama .

Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan pasutri anda.



4.Kulit Kusam
Spoiler for Kulit Kusam:



Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam. Bagi kaum wanita hal ini sangat mengganggu penampilan dan kecantikan. Resep berikut bisa dicoba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3331112


24 komentar: on "Khasiat-Khasiat Pada Ikan Tongkol"

Alfaruqy mengatakan...

...
walaupun nggak terlalu syka sama ikan tongkol, tapi kalau kegunaanya banyak kaya gini boleh deh di coba, kalau perlu dipaksain deh...
salam kenal...

Anonim mengatakan...

Beneerr tuh!..enak kok! gua juga suka tongkol. mengurangi lemak jahat dalam tubuh juga.

Anonim mengatakan...

Betul-betul-betul!..termasuk obat jantung, koresterol dan darah tinggi lhoooo! :i:

Anonim mengatakan...

tapi walaupun begitu banyak gizinya tetapi jangan lah berlebih2han,,, karna semua yang berlebihan tidak baik buat kesehatan.... BETUL!!!!! :R:

karyakuumy mengatakan...

Wah keren nih,,, setiap hari aku mkan ikan ini nih :D

Raffa Lovely Yantheisme mengatakan...

waach tyata ikan tngkol bermanfaat bget. . . . Gx nyesel q . . . . Q suka bget ma ikan nhe dari q kecil mpe ckranx gx pernh bsen hehe

Perawatan wajah mengatakan...

Subhanallah ternyata begitu banyak manfaatnya ikan tongkol.

sitirobiah mengatakan...

bisa juga untuk ibu khamil tidak

semou chilik blesset mengatakan...

Apa ikan tongkol boleh di konsumsi kalau sedang diet..

Obat Flek Paru Paru mengatakan...

Very nice post. I definitely love this website. Thanks!

Obat Flek Paru Paru mengatakan...

http://uchihajaka.blogspot.com/2009/12/masih-mau-mencob

Obat Penyempitan Pembuluh Darah mengatakan...

thank you for this very useful information. I am very interested in posting your articles. every article that you write very educational and beneficial for the wider community.

Obat Jantung Kering mengatakan...

i like your site and your post

yasrilhuda mengatakan...

bolehkah bagi penderita kolesterol menkonsumsi tongkol

obat pencegah serangan jantung mengatakan...

kugan first visit http://goo.gl/1lMoqs Greetings Greetings

Obat Lemak Perut mengatakan...

article you is very nice, i'm so happy this read :)

Obat Pelangsing Alami mengatakan...


article you is very nice, i'm so happy this read :)

Kopi Herbal mengatakan...

I like your article, I'll wait for the next article :)

Obat Kuku Rusak mengatakan...

article you wrote is very nice and pleasant to read, thank you for the information.
anytime i always take the time to read your article.

Obat Ejakulasi Dini Pria mengatakan...

artikel anda bagus sekali

Obat Herbal Stroke mengatakan...

artikel anda bagus sekali

euis anisa mengatakan...

Bagus tuh, biar gak gampang sakit :r:

jika anda sakit, kunjungi kami di alamat berikut ini untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal. Bahan obat obatan yang kami gunakan adalah bahan alami yang telah terbukti berkhasiat sehingga aman digunakan dalam jangka waktu panjang tanpa harus ada kekhawatiran mengenai efek samping yang ditimbulkan.

Obat Jelly Gamat Gold G
Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil
Obat Susah Buang Air Besar
Obat Pelangsing Perut Tradisional
obat sakit pinggang tradisional

By Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags