16 Jan 2010

Tiga Gedung Pencakar Langit yang akan Mengalahkan Burj Dubai


Sudah baca tentang Burj Dubai ? Dengan rencana ketinggian sekitar 800 meter, Burj Dubai kini resmi menjadi bangunan tertinggi di dunia, padahal gedungnya belum jadi dan ketinggiannya pun belum maksimal. Benar-benar sungguh mengagumkan.
Setelah sebelumnya di Dubai telah diresmikan gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai (sekitar 800 meter), sekarang telah ada perencanaan pembangunan pencakar langit yang memiliki ketinggian lebih dari burj dubai.
Spoiler for burj mubarak al-kabir:
BURJ MUBARAK AL-KABIR

Burj Mubarak Al-Kabir direncanakan mulai dikerjakan pada tahun ini, dan diharapkan akan selesai dibangun pada 2012. Pada saat gedung ini selesai dibangun gedung ini akan memiliki sekitar 250 tingkat dengan ketinggian mencapai 1001 meter(terinspirasi dari negeri 1001 malam), bandingkan dengan Burj Dubai, gedung tertinggi di dunia saat ini, yang memiliki ketinggian sekitar 800 meter.
Burj Mubarak Al-Kabir akan dibangun di pusat kota Madinat Al-Hareer (atau Kota Sutera dalam bahasa indonesia), Kuwait. Madinat Al-Hareer sendiri adalah kota yang saat ini sedang dibangun oleh pemerintah Kuwait dan diharapkan selesai pengerjaannya dalam waktu 25 tahun. Ketika kota ini selesai dibangun, kota ini akan dilengkapi dengan berbagai macam infrastruktur penunjang, termasuk Burj Mubarak Al-Kabir ini sebagai pusatnya.


Spoiler for alburj:
AL BURJ/NAKHEEL TOWER

Pada tanggal 19 Maret 2007 lalu, Nakheel (Raksasa properti yang juga membangun Palm Jumeirah dan "the world") baru saja mengumumkan bahwa bangunan terbaru yang mereka kerjakan direncanakan akan mencapai ketinggian sekitar 1200 meter, itu berarti 400 meter lebih tinggi dari Burj Dubai.
Gedung jangkung setinggi 1.2 km ini adalah Al-Burj. Tadinya Al Burj akan dibangun di tengah-tengah Palm Jumeirah, namun akhirnya lokasi pembangunannya dipindahkan ke Dubai Waterfront, Uni Emirat Arab.


Spoiler for burjal-meel:
BURJ AL-MEEL
Burj Al-Meel, 2 X Burj Dubai, 33% lebih tinggi dibanding Al-Burj

Burj Al-Meel, yang apabila diartikan ke bahasa Indonesia artinya adalah Menara setinggi satu Mil. Sesuai dengan namanya, gedung ini direncanakan akan mencapai ketinggian sekitar 1 mil, atau 1600 meter. Dengan ketinggian 1600 meter berarti Burj Al-Meel dua kali lipat lebih tinggi dibanding Burj Dubai, dan 33% lebih tinggi dibanding Al-Burj.

Tidak seperti Burj Dubai dan Al-Burj yang akan dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Al-Meel akan dibangun di Jeddah, Arab Saudi.

Burj Al-Meel digagas dan didanai oleh Pangeran Alwaleed Bin Talal dari Arab Saudi. Untuk pembangunan Burj Al-Meel ini beliau mempersiapkan dana sebesar US$10 Milyar.

Untuk bangunan setinggi ini tentunya akan sangat banyak sekali kendala pada saat pembuatan dan setelah pembuatannya. Salah satu kendala yang mungkin akan dialami adalah masalah temperatur. Temperatur pada bagian atas menara ini akan mendidih pada saat siang hari, dan akan membeku pada malam hari. Masalah lain yang cukup parah adalah masalah goyangan gedung. Untuk ukuran gedung setinggi ini, sedikit goyangan yang ditimbulkan oleh tiupan angin akan membuat para penghuni gedung mengalami mabuk laut. Selain itu masalah transportasi juga merupakan masalah yang cukup perlu mendapat perhatian. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari lantai terbawah ke lantai teratas (atau sebaliknya). Namun yang pasti mereka telah memikirkan solusi untuk semua masalah itu.

Sebenarnya ada bangunan lain yang jauh lebih dahsyat, yaitu kota vertikal London dengan ketinggian hingga tiga kali lipat lebih tinggi dibanding Burj Al-Meel. Namun sampai saat ini kota vertikal London tersebut masih hanya angan-angan belaka, berbeda dengan Burj Al-Meel yang sudah matang perencanaan dan pendanaanya, tinggal menunggu pelaksanaannya saja.
Perbandingan BURJ AL-MEEL, AL BURJ, dan BURJ MUBARAK AL-KABIR

Spoiler for perbandingan:




4 komentar: on "Tiga Gedung Pencakar Langit yang akan Mengalahkan Burj Dubai"

Artikel Islami mengatakan...

dunia mw kiamat ni..pada tinggi2an gedung...

Penile Implant Surgery in India mengatakan...

That was a VERY interesting one! Seriously interesting.

Free Wordpress Theme mengatakan...

Thanks for the great information on this post.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags