11 Jan 2010

Spontaneous Human Combustion (Manusia Terbakar Tiba-Tiba)


Salah satu fenomena paling aneh di dunia adalah spontaneous human combustion (biasa disingkat SHC). Apa itu SHC? SHC yg secara harfiah bisa diartikan "terbakarnya manusia secara tiba-tiba" merupakan peristiwa di mana tubuh seseorang tiba-tiba terbakar sementara di sekitarnya tidak ada sesuatu semisal api atau sebangsanya yg memicu kebakaran. Yg lebih janggal, seringkali tubuh korban bisa hangus hingga begitu parah, tapi benda-benda di sekitarnya yg letaknya bahkan begitu dekat tidak mengalami kerusakan seolah-olah tidak tersentuh api sama sekali. Fenomena SHC menurut catatan bisa terjadi di mana saja & kapan saja, entah di tengah keramaian ataupun saat korbannya sedang sendiri.

Beberapa kasusnya gan

+ Robert Francis Bailey
adalah seseorang yang menjadi korban dari SHC
pada 5:21am 13 September 1967, para pekerja London Fire Brigade, melihat melalui jendela adanya percikan api biru yang semula dikira mereka adalah tabung gas yang terbakar, tapi ternyata itu adalah seorang manusia

Spoiler for SHC:


+ Oktober 1963, Olga Woth meninggal karena terbakar hidup-hidup di dalam mobil. Tidak ada bau benda mudah terbakar seperti minyak yg tercium & mobilnya sendiri sama sekali tidak terbakar.

+ Tanggal 19 November 1963 di Sussex, Madge Knight meninggal akibat terbakar ketika sedang tidur sendirian di kamarnya. Hal yg membingungkan, tidak tercium bahan-bahan mudah terbakar di lokasi & alas ranjangnya sama sekali tidak terbakar.

Spoiler for SHC:


+Tahun 1980 di Chesire, Inggris, Susan Motteshead yg sedang memasak di dapur & memakai piyama tahan api. Tiba-tiba muncul kobaran api beberapa detik dari punggungnya, namun tubuh & rambutnya tidak terbakar sama sekali. Saat piyama yg dipakainya itu dicoba untuk dibakar oleh petugas pemadam kebakaran yg kemudian datang, piyama itu juga tidak bisa terbakar. Susan sendiri selamat & tidak terluka sama sekali(!).

+ Bulan Desember 1966, Dr. John Irving Bentley ditemukan terbakar di dalam kamr mandi. Hanya kakinya yg tersisa, sementara barang-barang di kamar mandinya banyak yg tidak tersentuh api. Ini adalah salah satu kasus SHC yg paling terkenal.

Spoiler for SHC:


gambar-gambar di TKP

Spoiler for SHC:


Spoiler for SHC:


Dan sampai saat ini belum ada penjelasanya yang tepat, berikut ini ada beberapa penjelasan yang masih hipotesa

+ beberapa hipotesis mengenai penyebab SHC. Salah satu hipotesis yg paling populer adalah yg dikenal sebagai "efek sumbu" (wick effect). Inti dari hipotesis itu adalah bahwa korban tiba-tiba tak sadarkan diri entah karena serangan jantung atau terlalu banyak minum alkohol

+ Hipotesis lainnya adalah mengenai fenomena bahwa korban meninggal akibat adanya "penyimpangan" medan magentik bumi. Hipotesis itu menyatakan bahwa beberapa manusia memiliki kemampuan untuk "mengumpulkan" gelombang magnetik sehingga tubuhnya tiba-tiba terbakar ketika gelombang yg terkumpul cukup tinggi untuk membentuk api - yg juga merupakan salah satu bentuk gelombang.

No Hoax!

kaskus.us


6 komentar: on "Spontaneous Human Combustion (Manusia Terbakar Tiba-Tiba)"

koncoKB mengatakan...

hebat banget tuch orang ya.....
tragis.....

Jaka Utama mengatakan...

kok hebat mas =))

HAPIA Mesir mengatakan...

kaya' film ditivi dong. tapi kl yang ni meninggal...semoga g terjadi pada diri kita ya

alat bantu sex pria mengatakan...

thanks a lot web page like this.

Penile Implant Surgery in India mengatakan...

That was a VERY interesting one! Seriously interesting.

Free Wordpress Theme mengatakan...

Great blog all the best

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags