19 Okt 2010

Stafsus SBY bidang Bencana, Andi Arief: Soeharto Tak Layak Jadi Pahlawan Nasional




Senin, 18/10/2010 05:26 WIB
Andi Arief: Soeharto Tak Layak Jadi Pahlawan Nasional

Jakarta - Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, menilai gelar pahlawan nasional tidak layak diberikan kepada mantan Presiden Soeharto. Soeharto dinilai terlalu banyak merugikan rakyat Indonesia ketimbang membawa kemajuan.

"Bukan hanya Soeharto tak layak mendapat gelar pahlawan, menyodorkan nama Soeharto sebagai pahlawan adalah kerjaan yang tidak perlu," tegas Andi kepada detikcom, Senin (18/10/2010).

Andi menuturkan, Presiden Soeharto terlalu banyak menodai kepercayaan rakyat Indonesia. Soeharto, menurut Andi, terlibat dalam banyak pelanggaran HAM, penculikan aktivis, hingga korupsi.

Andi menambahkan, semangat rekonsiliasi dibalik rencana pemberian gelar pahlawan untuk Soeharto layak diapresiasi. Namun, lebih dari itu, rakyat Indonesia butuh cara rekonsiliasi yang konkret.

"Mudah-mudahan bukan gelar pahlawan yang diinginkan Tommy, cendana, dan kroni Soeharto. Tapi hilang dendam dan sumbangsih untuk membangun," terang Andi.

Cara rekonsiliasi yang bisa diterima rakyat Indonesia tersebut, menurut Andi, harus dengan pengembalian kerugian negara. Keluarga cendana dan kroninya haruslah mau mengembalikan uang negara yang telah diambil, bukan memohon gelar pahlawan.

"Harus ada yang mengalah, Tommy dan kroni cendana harus mengalah memasukkan dan mengembalikan uang kepada rakyat secara terhormat. Banyak model bisa dilakukan seperti rekonsiliasi pajak dan memutar di sektor riil," sarannya.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan pemerintah sudah menyaring 10 nama calon pahlawan nasional. Mereka adalah Ali Sadikin dari Jawa Barat, Habib Sayid Al Jufrie dari Sulteng, HM Soeharto dari Jawa Tengah, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari Jawa Timur.

Selanjutnya Andi Depu dari Sulawesi Barat, Johanes Leimena dari Maluku, Abraham Dimara dari Papua, Andi Makkasau dari Sulawesi Selatan, Pakubuwono X dari Jawa Tengah, dan Sanusi dari Jawa Barat.

Nama-nama ini sekarang akan dibawa ke Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa yang dipimpin Menkopolhukam. Di dewan ini, nama-nama itu akan diseleksi lebih jauh dengan berbagai kriteria.

"Baru kemudian diajukan kepada Bapak Presiden dan belum tentu diterima," ujar Dipo, Minggu (17/10)
http://www.detiknews..com/read/2010/...lawan-nasional

Quote:
Originally Posted by zitizen4r View Post
Soeharto Lolos, Istana Blingsatan
10 Calon Pahlawan Nasional

Senin, 18 Oktober 2010 | 06:50 WIB
Jakarta - Surya- Kontroversi layak tidaknya mantan presiden Soeharto mendapat gelar Pahlawan Nasional kian tajam menyusul kepastian bahwa mantan penguasa Orde Baru selama 32 tahun tersebut lolos 10 besar calon Pahlawan Nasional. Sampai-sampai pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut blingsatan alias salah tingkah, dengan sekali lagi menjelaskan bahwa usulan Soeharto menjadi pahlawan bukan dari pemerintah.

Dia menjelaskan, pemerintah menyeleksi secara ketat nama-nama itu. “Banyak yang dipertimbangkannya,” ujarnya lagi. Selain soal jasanya bagi bangsa dan negara, juga pertimbangan hukum. Dalam kasus Soeharto, kata dia, pemerintah juga mengkaji soal Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Nomor XI/MPR/1998 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme. Pasal 4 Tap MPR itu menyebutkan soal pemberantasan korupsi terhadap siapa pun, termasuk Soeharto dan kroni-kroninya.

Dipo menegaskan Soeharto yang bergelar Jenderal Besar diajukan oleh masyarakat untuk menjadi pahlawan nasional, bukan oleh pemerintah maupun Istana Kepresidenan SBY. Dipo memandang perlu menegaskan hal ini, menanggapi pemberitaan seolah-olah pemerintah mengajukan nama mantan Soeharto sebagai Pahlawan Nasional.

“Seolah-olah Soeharto itu usulan pemerintah. Tidak, itu bukan usulan pemerintah, tapi masyarakat. Semua nama tokoh yang akan diajukan menjadi Pahlawan Nasional itu usulan masyarakat,” katanya. Ia menduga, isu bahwa pemerintah mengusulkan nama Soeharto hanya untuk memanas-manasi suasana, menjelang satu tahun Kabinet SBY-Boediono.

“Tampaknya ada yang ingin mengompori masyarakat, mendiskreditkan Presiden, terutama adalah mereka yang ingin berdemo tidak senang dengan pemerintahan di tanggal 20 Oktober nanti,” katanya.

Mantan tahanan politik (tapol) era Soeharto, Budiman Sudjatmiko, menilai, Soeharto tidak layak diberi gelar Pahlawan Nasional. Sebab, tokoh yang diangkat sebagai pahlawan haruslah orang yang karakter dan kiprahnya di atas rata-rata orang, bermanfaat, serta menjadi teladan bagi orang banyak. “Almarhum Soeharto memiliki sejumlah cacat karena diduga kuat atas korupsi dan tindakan kejahatan kemanusiaan terhadap hampir seluruh lawan politiknya,” kata Budiman yang kini anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan bagi Soeharto saat ini tidak tepat. “Itu bukan jawaban atas masalah-masalah yang sedang dihadapi bangsa saat ini,” kata Andi dilansir Tempointeraktif, Minggu (17/10).
http://www.surya.co.id/2010/10/18/so...lingsatan.html

-------------

Daripada dikasih gelar pahlawan, pak Harto maupun Gus Dur, lebih baik statusnya dulu diperjelas dan dibebaskan dari catatan sejarah, bahwa menurut Tap MPR-RI, keduanya telah ditetapkan sebagai Presiden yang gagal akibat melakukan kesalahan melanggar UUD 1945 dan KKN. Apa artinya keduanya dikasih stempel 'Pahlawan nasional' , kalau namanya belum dibersihkan dari stempel MPR itu? Begitu pula dengan status presiden pertama, Soekarno. Apa kata anak-cucu kita kelak di kemudian hari? Think!

---------------



Mungkin di masa Andi Arief masih suka demo di jalan dulu, dan kini sebagai staff akhli Presiden yang membidangi bencana, melihat kekejaman dan bencana yang pernah ditimbulkan oleh sebab peerbuatan Soehato di saat dia berkuasa di negeri ini, tak bedanya dengan 'Fir'aun Jawa' ... sehingga tak layaklah diberi gelar pahlawan ....


24 komentar: on "Stafsus SBY bidang Bencana, Andi Arief: Soeharto Tak Layak Jadi Pahlawan Nasional"

KOMUNITAS MAHASISWA KRITIS UPN V Y mengatakan...

soeharto itu layaknya darimana ya?

Jaka Utama mengatakan...

gak ada layaknya :a:

Anonim mengatakan...

karena PAHLAWAN SEJATI tak pernah merasa dirinya PAHLAWAN tak pernah ingin dilekati gelar PAHLAWAN tak pernah merasa begitu berjasa hingga dianggap PAHLAWAN.

yang dia lakukan hanya berbuat yang terbaik sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya dan terus berkarya dengan konsisten demi kemajuan diri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa, dan negaranya ...

DITA mengatakan...

YAH KALAU sOEKARNO LAYAK DI BERI PENGHORMATAN LAH... DIA BAPAK PROKLAMATOR KITA CUYYY...

BAGAIMANA KALO SOEHARTO DI GANTI BUNG TOMO?????????????????????

Anonim mengatakan...

KALAU SAYA, BAPAK SUHARTO LAYAK MENJADI PAHLAWAN NEGARA,COBA TANYAKAN KE MASYARAKAT PASTI LEBIH BANYAK YANG MENDUKUNG. YANG MENGKRITIK......EMANG PERAN KAMU APA UNTUK NEGARA INI.

Anonim mengatakan...

Klau smua dicari-cari ksalahnnya, ga akn ada pahlawan. smua orang punya ksalahn. Apakh Ir.Soekarno sebagai proklamator tidak punya ksalahn? bgitu juga pahlawan-pahlawan yg lain. Layak atau tidak, smuanya kn brdasarkn aturan, bukn brdasarkn sakit hti krna prnah jadi ta-pol.

Anonim mengatakan...

EMANGNYA SOEKARNO BAPAK PROKLAMATOR? TUKANG PROKLAMASI IYA, KLO BUKAN DIPAKSA DAN DICULIK PEMUDA2 BANGSA INI DIA JUGA OGAH BILANG KEMERDEKAAN, SOEHARTO BAPAK PEMBANGUNAN, HUTANG BANYAK ,KATANYA, TAPI TENTRAM, SEKARANG DEMOKRASI, KATANYA, TAPI BANYAK DITUNGGANGI PKI,APANYA YANG TENTRAM? REFORMASI UNTUK KESEJAHTERAAN SIAPA? HARGA NAIK TERUS KOQ. COBA JELASKAN HAI PEMUDA KRITIS DI BAGIAN MANA INDONESIA MAJU SETELAH TANPA SOEHARTO, MAHASISWA KURANG MORAL, BUANG OROK , HOBI BOQEP.....LHO AQ JUGA MAHASISWA,HE....

Anonim mengatakan...

Yang menilai layak atau tidak bukan Tuan Andi arief, tp biarlah masyarakat. Tidak usah jaman Pak Harto, Sekarang aja pelanggaran HAM banyak terjadi apalagi KORUPSINYA selangit. Mana sekarang ga aman lagi. Baik Bung Karno maupun Pa Harto sama2 layak untuk jadi Pahlawan Nasional terlepas dari kekurangan masing2. Soekarno Bapak Proklamator, Soeharto Bapak Pembangunan. Dua- duanya layak dan harus menjadi Pahlawan Nasional.

Anonim mengatakan...

NGACA DULU LOE.. ANDI ARIF..!!.MATA LOE BUTA YA..??!KAMU SDH NGASIH APA KE BANGSA INI BROER..!!!..KALO PAK HARTO GAK PANTAS JD PAHLAWAN NASIONAL..TRUS NAMA LOE.??..NAMA KAMU DIKASIHKAN NAMA ANJING AJA GA PANTAS BROER.!!!..

tongsis mengatakan...

Hmmmm, artikel yang menarik gan...

Power Bank Terbaik mengatakan...

jadi kangen masa pemerintahan pak SBY :(

Anonim mengatakan...

Padahal kan Soeharto baik... Ko' dibilang fir'aun jawa sih :d:

jika anda sakit, kunjungi kami di alamat berikut ini untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal. Bahan obat obatan yang kami gunakan adalah bahan alami yang telah terbukti berkhasiat sehingga aman digunakan dalam jangka waktu panjang tanpa harus ada kekhawatiran mengenai efek samping yang ditimbulkan.

Obat Jelly Gamat Gold G
Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil
Obat Susah Buang Air Besar
Obat Pelangsing Perut Tradisional
obat sakit pinggang tradisional

By Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

obat penggemuk badan mengatakan...

information which is very interesting to note , nice gan

Unknown mengatakan...

The Sun keep from the climate this heatgoes in and through the germanium and is itdoes so two variables ap that vitality is bended and rerouted toward a persons body and he is separated into its componentparts the critical angle is extensive way so this long way really is refractedback into the content and experience into the phones andwhat's one of a kind about it is that it's competent an invading to alevel in around 10 centimeters now we have pictures you infra-red imagesshow precisely this system Kirk we show pictures before our boat supplyand we conceded that he is fairly low we apply powerstrips and exceptionally after that we see the capacity rise well every one of the veins in that phones amount really calling and it's that enlargement with blood veins spilling for zone that causes andincrease keep that expanded warm that constantly bethere gave that.
http://bestbody-buildingworkouts.com/

Unknown mengatakan...

we're taking a gander at uh... um... I truly like that speak to the idea that is jab about it yet that you can be a pleased n 14 1 month gathering activity from there taking drugs you discard aggressors fortune butcher's keep running for your guests an uncommon event you get down beneath author of help burke.
http://bestbodybuilding-training.com/

Unknown mengatakan...

More youthful Jeremy web you can't reject furthermore warm installments and shockingly conveyed that specialists don't stay cod guide kingdom it's simply insane what he's made and other individuals take and their wellbeing and wellness again into their own particular hands doctor Wallace why are you so wild about this individuals imagine that you don't care for doctors individuals think he is connected to the therapeutic specialists are all in it to no end needs.
http://fitness-focuses.com/

Unknown mengatakan...

You joined ID support disposes of the nervousness it interface and instruct you continuous in a simple a parting strategy I'm educating you Ididn't zones in adjust along these lines up on territory what's wonderful about it. Sustenance Asus it's simple it requires under five minutes an individual can do their assessment on.
http://powerlifting-classic.com/

Unknown mengatakan...

You eat about meet are you on for all intents and purposes any eating arrange the following perspective talks about your ways of life perform resting do you get do you drink liquor so what amount do you smoking are you around second hand smoking and afterward we examine the fiscalwell-being do you assess in substantial stamina work out how's your joint in bone wellbeing and wellness the main absorption issues what your stature of trepidation your vitality level and after that we get to the medicinal services sid.
http://fittips-campus.com/

Unknown mengatakan...

You're at the most extreme stage the organization or whatever cutting-edge parts you have a likelihood to are qualified for amerce rewards and as you improve look for the help of contract look for the help of an auto place we give you more money at regular intervals for.
http://muscletips-college.com/

Unknown mengatakan...

I got pregnant about the hormone I mean I think all having a tyke in getting pregnant and in the wake of having a baby in me you're all mental like a look like maxim didn't so you have perspective swings and in addition you body changein and I don't have the foggiest thought regarding whose body then in yet it's surely the body that Imam at to end up more familiar with consistently from time to time I wake up and I feel fine and go generous most likely certify that me.
http://pretraining-fitness.com/

Unknown mengatakan...

We'll continue on into things were in those days we move over onto the hurt and will then the name read back and get the tab for it into our Guarani trust old the first with you carefully repress their tell this into the floor push the chain back against the hands the ball the stomach territory up and was absolved Ruth okay and after that release and drop down discharge the lower leg stain eased respite for a moment okay crush to some degree more significant will again then the new 3 track get forward go for the foot press the pelvis for men to the floor lift the immense toes up toward the roof in magnificence in back against the nth okay and release and proceed set down and again released the leg brought on take a month and third one.
http://muscle-preparation.com/

Unknown mengatakan...

I wager you'll have a couple of people that will reach you after this meeting undoubtedly of my get down on you about that yet may my email is the senior member bobstewart's the agin the IBS teer at gmail site and anyone's welcome ina minute on this for no doubt mount appeared at capacity commendably i emphatically highlyrecommend that people do contact you and Harley.
http://boostmuscle-help.com/

Unknown mengatakan...

It's like do you favor for transport get in spite of the fact that nonchalance working since muscle Kith an away okay right now you doing 5 chips dive one and when you can do eighty-pound jaw ups for 5 reps OK for you anyway we have all that we can use eighty heart by Repsyour look with no okay when you get your little decay seat press with the bar the two hundred pounds by wraps your mid-section is going on get people out exactly where that the neck and after that it's beguilement over.
http://manmuscle-site.com/

Unknown mengatakan...

I've never seen a spec operations fellow turned down a burger and a blend this application will be sold isolated for 197dollars and every individual I've familiar with it has let me know it's worth five hundred dollars or more yet in the midst of this compelled time extraordinary presentation offer I'm fusing it with your request completely free now regardless of the way that these two killer prizes are worth at least297 dollars in solitude you're not paying wherever shut that today.
http://checkbinary.com/

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags