19 Okt 2010

8 Bahaya Kurang Tidur


Quote:
Quote:
Begadang menonton bola mengikuti perkembangan piala dunia 2010 dapat menghantarkan berbagai kemungkinan munculnya penyakit.Banyak dampak buruk yang didapatkan karena kurangnya waktu tidur. Selain pekerjaan dan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam penyakit hadir di tubuh kita. Inilah dampak buruk yang bisa Anda alami jika waktu tidur Anda kurang dari 7-9 jam per hari, dan bila tidur Anda tidak nyenyak
Quote:
Quote:
Hasrat ngemil makanan berlemak meningkat
Quote:
Kurang tidur bisa melenyapkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya, keinginan menyantap makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat, sehingga menyebabkan Anda menginginkan asupan kalori tinggi. Jika selama 2 malam tidur Anda tidak berkulitas bisa memicu rasa lapar berlebihan. Kondisi ini terjadi karena merangsang hormon ghrelin penambah nafsu makan, dan mengurango hormon leptin sebagai penekan nafsu makan.
Quote:
Quote:
Antibodi menjadi lemah
Quote:
Mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pada pria yang kurang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal setelah menerima suntikan flu. Mereka yang kurang tidur, antibodi yang bekerja setelah dilakukan vaksinasi hanya bisa bertahan paling lama 10 hari. Kondisi tersebut sangat berbahaya. Perbaiki kualitas tidur, maka kekebalan tubuh Anda akan meningkat.
Quote:
Quote:
Rentan terserang diabetes
Quote:
Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam tubuh Anda. Jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan efek buruk. Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Chicago, AS, yang meneliti sejumlah orang selama 6 hari, mendapatkan kondisi ini bisa mengembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini menyebabkan terjadinya proses metabolisme gula yang tidak semestinya. Akibatnya bisa menyebabkan timbulnya diabetes.
Quote:
Quote:
Stres meningkat
Quote:
Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan bahwa tidur kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Bahkan pada sore dan malam hari dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan glukosa darah sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
Quote:
Quote:
Memicu rasa gelisah
Quote:
Rasa gelisah setiap malam pasti akan terus menghantui mereka yang memiliki kualitas tidur buruk. Reaksi tubuh pun bisa menurun. Yang lebih kronis lagi, perasaaan bahagia tidak akan menghampiri hidup mereka yang kurang tidur, karena tidur dan suasana hati diatur oleh zat kimia otak yang sama. Hal ini dapat meningkatkan risiko pengembangan depresi, tapi mungkin hanya bagi mereka yang sudah rentan terhadap penyakit.
Quote:
Quote:
Tampak lebih tua
Quote:
Mereka yang kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat dan wajah lelah. "Lebih buruk lagi, peningkatan kadar kortisol dapat memperlambat produksi kolagen yang memicu terjadinya keriput lebih cepat," kata Jyotsna Sahni, MD, ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson.
Quote:
Quote:
Berbagai rasa sakit bisa timbul
Quote:
Tidaklah mengherankan, sakit kronis seperti masalah punggung atau arthritis bisa saja terjadi bila Anda melakukan aktivitas tidur yang buruk. Dalam sebuah studi dari John Hopkins Behavioral Sleep Medicine Program, direktur Michael Smith, PhD, membangunkan orang dewasa muda yang sehat selama 20 menit setiap jam selama 8 jam selama 3 hari berturut-turut. Hasilnya, mereka memiliki toleransi sakit yang lebih rendah, dan mudah mengalami nyeri.
Quote:
Quote:
Risiko kanker lebih tinggi
Quote:
Sebelumnya mohon maap bila gambarnya ga nyambung, soalnya susah nyari gambar kanker yang ga DP. Olahraga membantu mencegah kanker, tetapi terlalu sedikit memejamkan mata dapat merusak efek pelindungnya. Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health meneliti hampir 6.000 wanita selama sekitar satu dekade dan menemukan bahwa penggemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit per malam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik. Hal ini terjadi karena kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan dikaitkan dengan risiko kanker, dan bisa 'menghapus' manfaat latihan.


28 komentar: on "8 Bahaya Kurang Tidur"

Stop Korupsi dan Suap di Indonesia mengatakan...

:d: ane korbannya nih Sob, Stress sering meningkat. tapi happy juga sih, abis begadang sambil ngeblog :i:

Jual Beli Paypal | Jual Beli Saldo Paypal mengatakan...

Waaah... Ternyata banyak banget ya efek nya, jadi ngeri...

xamthone plus mengatakan...

saya suka insomnia....
jadi takut banget nih.....
gimna caranya supaya saya bisa tidur nyenyak...

jelly gamat mengatakan...

wahh..

bahaya banget ya efek dari kurang tidur...!!

xamthone plus mengatakan...

ya nh saya jg sk kurang tidur,, emz jd tkt jg ya cz byk efek'y,,,

obat tradisional tipes mengatakan...

haduuhh,,,,
pusing banget dech klo dah susah tidur, dipaksain juga susah,,,

produk perawatan kulit mengatakan...

tidur 8 jam sehari,,
tapi kalau berlebihan juga tidak baik,,
seharusnya tidur yang sewajarnya,,
agar tidak memiliki penyakit yang sudah dijabarkan tersebut,
thans gan infonya,

mengobati asam urat mengatakan...

sebenarnya sichh nyambung juga klo foto kanker sama orang yang sedang meroko cz penyebab utama kanker ada pada orang yang suxa merokok ///:(

agen sbobet mengatakan...

bahaya bener ya kurang tidur doang..wah jarangin begadang dah sekarang..resiko nya gak bagus

Jaka Utama mengatakan...

begadang ya dimana mana emang lebih banyak buruknya daripada baiknya :i:
btw saya juga harus ngurangin nih begadang :n:

Tips Hamil Cepat Alami mengatakan...

ternyata bahayanya banyak juga y.harus kurangi begadang karena ngeblog klo gni

obat tipes untuk anak mengatakan...

Fantastis nice post gan
mampir ketempat ane jg gan...thx

Obat Penyempitan Pembuluh Darah mengatakan...

thank you for this very useful information. I am very interested in posting your articles. every article that you write very educational and beneficial for the wider community.

Obat Jantung Kering mengatakan...

I am very interested in posting your articles.

uang mengatakan...

thanks sob, buat artikel untuk tentang bahaya tidur, kalau bnayak begadang otomatis susah mendapatkan uang ya sob

Obat Lemak Perut mengatakan...

article you is very nice, i'm so happy this read :)

Obat Pelangsing Alami mengatakan...

article you is very good, i'm so happy this read :) :c:

Kopi Herbal mengatakan...

I like your article, I'll wait for the next article :)

Obat Ejakulasi Dini Pria mengatakan...

artikel anda bagus sekali

Obat Herbal Stroke mengatakan...

artikel anda bagus sekali

harga power bank mengatakan...

kurang tidur bahaya ya? kalo banyak tidur gimana pak??

manfaat ace max mengatakan...

wah bahaya juga ya kalo kurang tidur.. tapi kao banyak tidur bahaya ga kak?

euis anisa mengatakan...

Waktu tidur yang pas adalah 8 jam.. iya kan ?? :i:

jika anda sakit, kunjungi kami di alamat berikut ini untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal. Bahan obat obatan yang kami gunakan adalah bahan alami yang telah terbukti berkhasiat sehingga aman digunakan dalam jangka waktu panjang tanpa harus ada kekhawatiran mengenai efek samping yang ditimbulkan.

Obat Jelly Gamat Gold G
Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil
Obat Susah Buang Air Besar
Obat Pelangsing Perut Tradisional
obat sakit pinggang tradisional

By Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Obat pelangsing mengatakan...

setuji gan, betul bangeett, karena sering ngemil, badan jadi

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
:o: :p: :q: :r: :s: :t:



Ingin agar emoticon di atas tampil dalam komentar kamu, cukup dengan menuliskan kode di samping kanan icon yang bersangkutan.

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"

comment on this post Share Your Views

Allowed HTML tags: Allowed Tags